Teknik Pengendalian Hama Dan penyakit Cabai Merah (Capsicum annuum L.) Secara Kimiawi

Teknik pengendalian hama dan penyakit pada tanaman cabai merah merupakan sebuah usaha untuk menjaga dan melindungi hasil panen panen dari proses budidaya. Pada tanaman cabai hama dan penyakit yang menyerang semuanya hampir sama. dan prinsip pengendaliannya juga relatif sama.

dari sini saya cuba untuk berbagi sedikit info yang saya dapatkan dari penelitian dan hasil ujicoba yang sudah dilakukan bahwa pengendalian hama dan penyakit tanaman khususnya cabai tergantung pada umur tanamannya. ini serius hahah... soalnya saya sudah cuba sendiri selama 3 musim berturut turut. 

mengapa saya mengatakan hanya di pengaruhi waktu..?? nah.. saya tak crito diluk...( cerita sebentar) xixxi..
Tanaman itu sejatinya adalah mahluk hidup yang jugg membutuhkan kasih sayang.. itu istilah saya..  tidak harus dengan pasangan juga.. tapi segala sesuatu yang kita mengharapkan sebuah imbalan pastilah kita harus memanjakannya.. ingat jaman cilik kalau mau minta apa apa pasti nuruuut banget ma ortu,.. xaxa g nyambung ya..?? tapi itulah mahluk hidup.. begitu juga dengan tanaman. perhatian kita.. kasih sayang kita terhadap tanaman sangat menentukan hasil yang akan kita peroleh darinya.

Langsung saja ok rek.. xixi.. gini.. tanaman itu punya umur atau fase pertumbuhan.. yaitu ada fase vegetatif dan generatif. apa itu fase vegetatif dan generatif..?? nah ayo jalan jalan ke dunia tanaman.

1. Fase vegetatif.
ini merupakan fase dimana tanaman masih dalam tahap pertumbuhan. ibarat manusia itu fase dari balita sampai dengan tingkat anak anak. nah jadi kalau panjenengan mpun nggadah yugo.. eehhh bablas.. maaf.. xixi nah.. pokoknya iti..intinya pada fase ini tanaman sangat rentan terhadap kondisi lingkungan.. makanan..dan perawatan yang kita berikan.. semuanya harus dalam takaran sedang.. gak boleh berlebih..tidak iloklek kata ibu ku.. xixixi
karena pada fase ini.. hama atau penyakit yang menyerang tanaman akan sangat berpengaruh pada nanti fase generatif nya.. spt penyakit yang paling di khawatirkan petani.. Virus Kuning.. kata petani gitu.. aku g akan menjelaskan ini virus ini.. brosingo dewe..xaxa. virus ini akan menginfeksi tanaman jika tanman itu terserang hama kutu daun.. kalau petani bilang "cabuk" da merah kuning hijau hitam dilangit yang biru dan dipantai minum kopi..nyasar.. xaxa OK Im Joke. tapi tentang kutu daun itu benar.. nah awalnya dari sini lah. maka itu pada fase ini kita kudu perhatian betul terhadap tanaman budidaya kita. amati.. lihat.. pahami.. simpulkan.. lalu kendalikan. jangan sampai terlambat maksimal 2 hari.. jika tampak ada hama menyerang.. maka segeralah lakukanlah pengompresan dengan bahan aktif Abamektine.. atau apalah yg sekiranya untuk hama cabuk ini.

Hal yang harus di perhatikan.. dalam pembuatan larutan pada fase vegetatif ini.. tidak di anjurkan untuk mencampur dengan fungisida apapun mereknya.. kecuali terdapat serangan jamur. larutan yang digunakan dapat di campur cukup dengan. air.. perekat.. ZPT.. pestidida untuk
hama target.. dan pupuk daun. Semua perbandingan sesuai dosis anjuran.

jadi rumusnya untuk fase vegetatif hanya :

Air.. Perekat..ZPT.. Pestisida.. Pupuk daun.

Untuk fase Generatif.. Bersambung .....xixixi

No comments:

Post a Comment